Loading

18 May 2012

REAL Machu Picchu [MAP PB]




machu_picchu

Peradaban Inca yang Hilang

Machu Picchu adalah sebuah kota yang terletak di lembah urubamba pegunungan Andes 2430 meter di atas permukaan laut di Peru, Amerika selatan. Machu Picchu merupakan kota peninggalan dari kerajan Inka pada tahun 1440 dan di tinggalkan seratus tahun kemudian karena kerajaan inka dikalahkan oleh bangsa spanyol. Sejak itu Machu picchu mulai menghilang dari peradaban dunia namun sekitar tahun 1911 seorang arkeolog dari Universitas Yale Hiram Bingham III menemukannya kembali. Saat itu bingham tengah mencari vilcabamaba benteng terakhir yang belum ditemukan dari kerajaan inca.ketika menemukan macchu picchu,bingham berfikir bahwa ia telah menemukan vilcabamba.

Machu picchu merupakan simbol dari kerjaan inca, yang paling terkenal. sebelum pasukan Spanyol tiba, cacar menyebar di antara penduduk Inca pada tahun 1527. Lima puluh persen penduduk terbunuh oleh penyakit ini. Kegagalan pemerintah dalam mengatasi kemelut ini melahirkan pemberontakan hingga jatuh ke dalam perang saudara. Pada saat sang penakluk Inca, Pizzaro, tiba di Cuzco pada tahun 1532, Machu Picchu sudah dilupakan.
Dari hasil penelusuran, Machu Picchu tampaknya telah dimanfaatkan oleh Inca sebagai kota upacara rahasia yang bersifat sakral. Kemungkinan besar Machu Picchu merupakan tempat pelatihan pendeta atau pengantin bangsawan Inca. Pemeriksaan tulang menunjukkan kesamaan dengan tulang laki-laki, sehingga Machu Picchu tidak semata-mata sebuah kuil atau tempat tinggal perempuan.

Salah satu fungsi utama Machu Picchu adalah observatorium astronomi. Batu Intihuatana (berarti ‘Pos Matahari’)  terbukti menjadi indikator periode langit yang tepat. Adapun Intihuatana (Saywa atau batu Sukhanka) dirancang untuk menghalangi matahari. Pada periode ini, suku Inca mengadakan upacara di batu di mana mereka “terikat matahari” untuk menghentikan gerakan langit utara. Batu-butu tersebut berbentuk seperti sebuah jam matahari.

Arsitektur Machu Picchu
Machu Picchu terdiri dari sekitar 200 bangunan yang memiliki dinding polygonal dengan  karakteristik periode Inca. Bangunan berbobot 50 ton (atau lebih) ini dibangun dengan ketelitian sehingga sebilah pisau tipis pun tak dapat menembus dinding-dindingnya.Machu Picchu terbagi menjadi tiga area: pertanian, perkotaan, dan agama dengan struktur yang diatur sedemikian rupa sehingga fungsi bangunan sesuai dengan bentuk lingkungan.Suku Inca menanam tanaman seperti kentang dan jagung di Machu Picchu. Untuk mendapatkan hasil setinggi mungkin, mereka menggunakan metode terasering maju dan irigasi untuk mengurangi erosi dan meningkatkan area budidaya.

Terasering dan saluran air pertanian memanfaatkan lereng alam. Daerah bangunan ditempati oleh kaum petani dan guru, anak-anak, dan imam. Daerah religius yang paling penting terletak di puncak bukit, dengan pemandangan lembah Urubamba yang subur. Satu hal yang unik tentang Machu Picchu adalah arsitektur lanskapnya. Formasi batu digunakan dalam pembangunan struktur, patung-patung, waduk, dan kuil-kuil yang menggantung di tebing curam. Bentuk atap rumah-rumah yang terbuat dari jerami dan pintu dan jendela yang berbentuk trapesium juga tidak biasa.

Keunikan Machu Picchu
Para pejalan kaki, wisatawan, dan penjelajah dapat menyusuri jalan dengan menggunakan Inca Trail. Pemandangan kuil, ladang, teras, dan kamar mandi seolah membawa Anda ke dunia lain. Perpaduan bukit dan artefak-artefak ini nampak seperti surga hijau yang halus dan elegan. Tak kalah menarik pemandangan pegunungan Andes yang telihat seperti orang-inca sedang menengadah kelangit dengan hidung mancungya. Sungguh sebuah peradaban diatas awan yang sempat hilang

Dengan seribu  keunikan ini, Machu Picchu pun ditunjuk sebagai Situs Warisan dunia UNESCO sejak tahun 1983. Machu Picchu juga dinobatkan sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia baru (jumlah pengunjung mencapai 400,000 pada tahun 2003). Pada bulan September tahun 2007.

No comments:

Post a Comment