Loading

07 January 2014

cara agar tidak tersengat listrik (kesetrum) meskipun memegang listrik

Listrik merupakan satu kebutuhan pokok energi yang harus ada setiap hari. Jika dalam satu minggu saja listrik mati maka akan terjadi ketidak seimbangan antara perekonomian dan kebutuhan masyarakat. Sebagai manusia yang sangat membutuhkan listrik ada kalanya kita penasaran mengapa listrik dapat membahayakan kita, padahal dari segi manfaat jelas sekali banyak manfaat dari energi listrik. Bahan listrik terletak pada tegangan sentuh (kesetrum) dan juga radiasi (biasanya pada saluran udara tegangan tinggi seperti sutet). Mungkin agan penasaran mengapa kita bisa kesetrum listrik? Bagaimana caranya agar kita tidak kesetrum meskipun kita memegang listrik? Sebagai seorang tehnisi listrik tentunya TS harus tau cara kerja listrik dalam menyetrum (menyengat) manusia, dan inilah cara agar kita tidak tersengat listrik meskipun agan memegang sumber listrik baik fasa maupun netral:

Spoiler for pertama:
Untuk seorang pemula (TS yakin agan masih pemula) gunakanlah listrik bertegangan rendah terlebih dahulu antara 10-12 volt dengan arus yang rendah pula. Jika agan ngeyel dan tetap menggunakan listrik bertegangan tinggi TS tidak menjamin keselamatan agan.

Spoiler for kedu
Harap pastikan bahwa kaki agan tidak menyentuh langsung ke tanah atau konduktor yang terhubung ke tanah. Gunakanlah sepatu yang terbuat dari bahan isolator dan pastikan agan tidak menyentuh (meskipun hanya sedikit) tanah maupun konduktor (untuk lebih amannya). Setelah menggunakan sepatu dengan bahan isolator dianjurkan juga untuk berada di atas tempat berisolator, seperti diatas meja yang terbuat dari kayu maupun karet dan jangan sekali-kali mencoba diatas meja yang terbuat dari besi karena besi merupakan konduktor.

Spoiler for ketiga:
Peganglah salah satu sumber listrik (fasa atau netral) harap di perhatikan bahwa hanya salah satu yang boleh dipegang, jika agan memegang keduanya sama saja agan bunuh diri. Kita tau bahwa listrik yang dapat mematikan manusia adalah bagian fasa, maka peganglah kabel fasa dan jangan takut perhatikan apa yang akan terjadi.

Spoiler for keempat:
Suruhlah orang lain untuk menggunakan Tespen guna mengetes diri agan, jika teman agan menempelkan tespen ke tubuh agan maka tespen aka menyala yang menagankan bahwa agan telah teraliri listrik. Jangan biarkan teman agan menyentuh agan, harap perhatikan bahwa hanya tespen yang boleh menyentuh agan.

Spoiler for kelima:
Selamat agan telah memegang listrik tanpa kesetrum, sekarang cobalah dengan tegangan tinggi misalnya 220 volt dari listrik PLN.


Catan
Quote:

  • Jika agan bukanlah seorang tehnisi dalam bidang kelistrikan sebaiknya agan tidak melakukan ini karena akan sangat berbahaya bagi orang awam.

  • Agan hanya bisa memegang satu kabel fasa saja, jika agan memegang kedua kebel (fasa dan netral) maka agan akan kesetrum dan TS tidak bertanggung jawab atas ini.

  • Harap perhatikan, semua yang diakibatkan dari percobaan yang agan lakukan TS tidak bertanggung jawab dengannya.

  • Mintalah teman yang berjaga-jaga di dekat sumber tegangan listrik untuk antisipasi ketika terjadi suatu hal yang tidak di inginkan.

  • Mintalah seorang tenaga ahli (seperti guru listrik) untuk mendampingi agan.

  • Tanah bersifat netral, dan jika agan menyentuh tanah maka agan juga akan kesetrum.

  • Berhati-hatilah, dan agan tidak akan pernah tau jika tidak mencoba.

No comments:

Post a Comment