Loading

05 March 2014

Baklava dan Borek, Makanan Enak Khas Turki yang Patut Dicicipi


Hidangan Timur Tengah kini mulai digemari. Selain lezat, hidangan ini juga dinilai sebagai hidangan mewah karena bahannya royal. Makanan Turki juga menjadi makanan favorit lantaran bahan-bahannya yang dipengaruhi makanan Eropa.

Makanan Turki juga terbilang mudah dibuat. Rasa dan teksturnya juga beragam. Apa saja makanan Turki yang populer? Inilah 5 makanan Turki yang patut dicicipi menurut situs www. thrillist.com


 
1. Doner Kebab
Makanan ini rasanya sudah tidak asing lagi karena banyak dijual di gerai-gerai kaki lima. “Doner Kebab” sendiri berarti “daging panggang yang berputar.” karena daging kebab yang biasanya daging sapi atau ayam ditaruh dalam semacam alat vertikal yang membuat daging tersebut berputar. Makanan ini populer dan banyak dijajakan di pinggir jalan di Turki, juga di Eropa. Bahkan, imigran Jerman-Turki membuat variasinya dengan menambahkan cabai, tomat, dan bawang di dalam roti pita.


  
2. Borek
Selintas mirip dengan risoles. Borek adalah kudapan yang terbuat dari keju feta dan cincangan daging serta sayur. Kabarnya, Borek adalah kudapan tertua khas Turki yang bahkan sudah mendahului para penduduk Turki yang bermigrasi ke dataran Turki sekarang. Selain digoreng, kudapan ini juga bisa dipanggang dan mudah dibuat.

 
3. Baklava
Baklava juga kudapan khas Turki yang berlapis-lapis. Lain dengan Borek, Baklava adalah cemilan super manis. Di dalamnya, ada taburan kacang almond, pistachio, dan walnut. Ada juga madu dan filo pastry yang menambah rasa manis dan legit di dalamnya. Kabarnya istana Topkapi menjadikannya kudapan favorit dan kota di Turki yang bernama Gaziantep dikenal sebagai penghasil pistachio.

 
4. Manti
Manti juga terpengaruh akan budaya Asia yang dibawa karena banyak orang Asia bermigrasi ke Turki. Tetapi, setelah di bawa ke Turki, Manti menjadi semakin bervariasi dan bahkan dapat ditemui di banyak restoran. Ciri khas Manti adalah penggunaan daging domba yang ditaruh di atas roti tipis.

 
5. Lahmacun
Hampir sama seperti Borek, Lahmacun adalah makanan dengan daging cincang, sayur cincang, beserta rempah-rempah. Tetapi, Lahmacun lebih lebar dan dilengkapi dengan tomat, bawang, dan daun peterseli. Dibaca sebagai 'la-ma-jun', dan biasanya dimakan dengan tangan, tanpa garpu dan sendok. Agar tambah segar, Lahmacun juga dinikmati dengan irisan jeruk lemon.

No comments:

Post a Comment