Loading

06 May 2012

cara membuat helm KAMEN RIDER DARI KERTAS

ini dia bahan2nya:
-Helm kecil 3 buah (wajib ada)
-Kertas koran
-Kertas karton kilap
-Mika cembung (mika kemasan)
-Kain kassa / streaming (untuk sulam)
-Kulit imitasi
-Kancing jepret
-Kawat/lidi
-Busa hati 2 – 4 ml
-Lem kayu warna putih
-Lem aibon
-Gunting / cutter
-Kuas
-Pensil
-Cat / pilox warna
-Air

setelah bahan2nya lengkap,, sekarang,, ane tunjukin cara bikinnya..
1.Pencetakan helm kertas
Dalam proses pencetakan helm kertas, kita membutuhkan 3 buah helm kecil. Langkah selanjutnya yaitu memotong kertas koran dengan ukuran 4 X 10 cm sebanyak mungkin. Setelah potongan kertas sudah siap,kita tinggal menempelkan pada helm kecil dengan menggunakan campuran lem kayu dan air. Dalam menempelkan kertas pada helm kita mempergunakan kuas halus agar hasilnya tidak berkerut. Kertas koran harus kita tempelkan pada seluruh permukaan helm dan jika sudah rata,kita ulangi lagi melapisi kertas yang tadi sampai 6 lapis kertas. Waktu yang dibutuhkan untuk melapis helm kira-kira 1 jam untuk 1 helm kecil. Setelah semua helm terlapisi dengan koran,kita tinggal menjemurnya seharian. Setelah koran pada helm benar-benar kering,dengan mudah kita bisa mencabutnya dari helm tersebut.


2.Pembuatan motif dan pemotongan
Setelah helm kertas sudah tercabut dari cetakan (helm plastic kecil), maka tahap selanjutnya adalah membuat motif. Untuk membuat motif kita harus punya gambar detail dari helmet tokoh kamen rider yang akan kita buat. Setelah motif atau pola tergambar pada helm kertas,tahap selanjutnya kita tinggal potong motif tersebut dengan gunting atau cutter.

Spoiler for motif:

3.Penggabungan helm
Setelah semua pola terbentuk dan dipotang,tahap selanjutnya yaitu penggabungan antara potongan-potongan pola tersebut. Untuk menggabungkan kita harus hati-hati agar hasilnya bisa sempurna. Dalam penggabungan potongan ini kita mempergunakan lem aibon.




4.Pengecatan
Setelah proses penggabungan selesai, tahap selanjutnya tinggal pengecatan helm kertas. Tapi alangkah baiknya biar hasilnya maksimal kita dapat menhgaluskan kerutan2 yang ada pada helm kertas dengan kertas gosok halus. Setelah itu kita dempul dengan menggunakan lem kayu. Setelah polesan lem kayu merata kita dapat menjemurnya sampai kering. Dalam pengecatan kita bisa menggunakan pilox atau cat semprot kompresor. Sebelum kita menyemprotkan warna asli,terlebih dahulu kita semprotkan cat putih sebagai dasarnya. Ini dilakukan agar tulisan atau gambar pada koran bisa hilang. Setelah warna dasar sudah rata pada seluruh permukaan helm, baru kita mengecat warna sesuai dengan tokoh yang kita inginkan. Setelah dicat lalu jemur sampai cat mengering.

5.Pembuatan mata
Sembari menunggu cat pada helm kertas mengering kita bisa melakukan pembuatan mata. Kita potong plastic mika cembung ( mika kemasan makanan ) dengan bentuk lingkaran sesuai dengan pola mata kamen rider. Setelah mika sudah terbentuk,kita tinggal memotong kain kassa dengan bentuk lingkaran. Kain kasaa tersebut lalu kita cat sesuai dengan warna mata yang kita inginkan. Setalah cat pada kain kassa kering,kita tinggal menempelkan pada plastic mika yang sudah kita potong tadi
.

6.Pembuatan antena
Untuk pembuatan antena kita membutuhkan spon tipis (busa Hati) dan kawat atau lidi ukuran 15 – 20 cm. Potong spon dengan ukuran 2 X 20 cm sebanyak 2 lembar. Lalu olesi permukaan spon dengan lem aibon. Pada bagian tengah spon kita beri kawat atau lidi lalu kita lipat. Setelah spon terisi dengan kawat,kita tinggal memotongnya sesuai dengan ukuran antenna pada helmet rider. Tahap selanjutnya adalah mengecat antena tersebut.

7.Membuat mulut / masker
Untuk membuat mulut / masker pada helm kamen rider, kita bisa membuat polanya dengan menggambar terlebih dahulu. Kita cermati detail dari gambar masker pada helm kamen rider yang asli. Setelah itu kita membuat pola diatas kertas karton kilap,langkah berikutnya tinggal memotong dan menempelkan pola tersebut. Setelah masker sudah terbentuk tinggal kita cat.


8.Finishing
Tahap terakhir adalah finishing helm kamen rider. Tahap finishing ini sangat mudah,kita tinggal menempelkan aksesoris pada helm kamen rider seperti antena,mata dan masker.
Untuk antena dan mata kita bisa menempelkan dengan lem kastol. Ingat untuk mata kita menempelkan dari bagian dalam helm. Sedangkan untuk masker,kita menggunakan kancing jepret. Seperti halnya pada helm kamen rider the first yang bisa dengan mudahnya memasang dan melepas kembali masker.

Spoiler for helm:


No comments:

Post a Comment