Loading

20 December 2013

SEA Games XXVII - Kalah di Fase Grup, Bagaimana Kans Indonesia Atas Thailand di Final?

Jakarta - Indonesia tinggal selangkah lagi untuk bisa merebut medali emas SEA Games. Tapi menghadang 'Garuda Muda' menuju sukses tersebut adalah Thailand, tim yang di fase grup lalu mengandaskan Kurnia Meiga cs 1-4.

ANTARA/Prasetyo UtomoHarapan Indonesia untuk menyudahi puasa panjang meraih emas SEA Games mendekati akhir. Tiket ke final sudah dikantongi skuat besutan Rahmad Dharmawan, setelah pada babak semifinal yang dilangsungkan Kamis (19/12/2013) malam WIB tadi meraih kemenangan adu penalti 4-3 atas Malaysia.

Duapuluh dua tahun setelah emas SEA Games terakhir didapat, Indonesia kini punya kans lagi untuk merebutnya. Namun upaya tersebut dipastikan jauh dari mudah. Bakal menanti Indonesia di laga puncak, yang akan digelar Sabtu (21/12/2013) pukul 20.00 WIB, adalah Thailand.

Indonesia dalam setidaknya dua dekade terakhir terus berada di bawah bayang-bayang Thailand, termasuk pada pertemuan pertama di fase grup lalu. Ketika itu Indonesia terlihat kalah jauh dan pada akhirnya menelan kekalahan telak dengan skor 1-4.

"Kalau Thailand kita sudah tahu, Singapura sudah pernah uji coba. Satu kali kalah di Singapura. Keduanya adalah tim yang pernah mengalahkan kita, tentu saya akan bilang kepada anak anak, 'oke kita pernah dikalahkan dan saatnya kalian membuktikan kalian juga bisa memenangkan'. Itu saja," sahut RD saat ditanya calon lawannya di final, sebelum laga Thailand vs Singapura tuntas.

Selain kondisi fisik, RD juga menyebut faktor psikis akan punya pengaruh besar yang akan menentukan hasil akhir laga. Namun, terlepas dari kondisi non teknis, di atas lapangan RD menilai skuat besutan Kiatisuk Senamuang itu punya performa yang sangat baik.

"Ya pasti (soal mental) karena di tengah keletihan itu yang berbicara faktor psikologi. Karena kita akan dapat menemukan second win kalau kita bisa mendongkrak kita punya motivasi. Pada satu level yang kita engga boleh menyerah, dalam keletihan kita harus memotivasi diri sendiri."

"Thailand tim yang sangat solid, mereka memainkan sepakbola modern semuanya melakukan support yang ideal saat tim menyerang, dan semuanya men-support bertahan saat tim kehilangan bola. Jadi Thailand tim yang perfect. Tim yang bagus sekali," tuntas RD.
(dtc/mcy) Sumber: detiksport

No comments:

Post a Comment