Loading

05 April 2012

JAJANAN KHAS BANYUMAS

Ngomongin soal jajanan atau cemilan khas, tiap daerah tentu punya jajanan khasnya masing- masing, begitu pula Kabupaten Banyumas. Mau tau apa aja jajanan khas Banyumas? ayo gan cekidot bareng...

1. Jenang Jaket


Namanya memang Jaket, tapi tidak ada hubungannya dengan pakaian. Ini adalah makanan yang terbuat dari tepung dan juga gula melalui proses yang panjang. Tapi karena ciri khasnya, jenang jaket sudah lama menjadi makanan tradisional yang paling banyak dicari. Bahkan pada hari-hari besar (hari raya) seringkali produsen jenang jaket  menolak pesanan. Ini dikarenakan Jenang Ketan proses pembuatnnya lama dan juga membutuhkan ketekunan. kalau anda berkunjung ke Purwokerto dan ingin mengunjungi sentra pembuatan jenang jaket silahkan datang saja ke kawasan produksi jenang jaket di daerah MERSI Purwokerto.


Jenang ketan bisa anda sajikan pada momen seperti:
  1. Hidangan pada saat kumpul dengan keluarga
  2. Hidangan untuk menjamu tamu istimewa anda
  3. Hidangan pada acara arisan, Pesta perkawinan dll.
  4. Hidangan penutup di acara prasmanan baik di hotel ataupun ditempat pesta
Ada 2 variasi dari jenang jaket
1. jenang jaket biasa
                                      

2. jenang jaket wijen
2. KRIPIK TEMPE

Keripik tempe adalah makanan yang terbuat dari Tempe yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Tempe diiris tipis dicelupkan ke adonan tepung terigu encer lalu digoreng dengan minyak kelapa hingga kering. Hasilnya, adalah keripik renyah yang gurih dan lezat. Kripik Tempe ini sangat digemari oleh mayoritas penduduk Banyumas karena sesuai dengan lidah mereka yaitu rasanya yang gurih.

 

Ada beberapa lokasi dimana agan bisa mendapatkan Kripik Tempe Khas Banyumas yaitu
  1. Daerah Sokaraja. Di sepanjang jalan raya Sokaraja agan akan mendapati kios dan toko cemilan khas Banyumas.
  2. Daerah Sawangan, yaitu sebelah barat alun-alun Purwokerto (jalan ke arah Tanjung).
  3. Jalan Pramuka, Purwokerto (sebelah selatan Pasar Wage).
  4. Daerah Mersi Purwokerto.
3. NOPIA

Nopia merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan gula merah serta dipanggang dengan tungku khusus yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar dari pelepah pohon kelapa. Memiliki tekstur kulit yang keras dan renyah berisi adonan gula merah dengan rasa bawang merah goreng. Selain Nopia, adapula Mino alias mini nopia atau nopia berukuran yang kecil. Nopia juga ada yang berbentuk seperti telur gajah, besar tapi dalamnya kosong & berlapis gula merah yang menempel pada dinding dalam kulit nopia ini.Nopia rasa orisinilnya adalah rasa brambang goreng namun sekarang nopia sudah dibuat dengan berbagai macam isi dan rasa, seperti isi durian, coklat, nangka, dan lain-lainnya.

 Nopia

Mino

4. GETHUK GORENG

Getuk goreng adalah penganan khas Sokaraja yang manis dan gurih, dibuat dari singkong dan dibumbui gula kelapa. Getuk goreng ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1918 oleh Sanpirngad, seorang penjual nasi keliling di daerah Sokaraja. Pada saat itu getuk yang dijual tidak laku, sehingga beliau mencari akal agar getuk tersebut masih bisa dikonsumsi. Kemudian, getuk yang tidak habis dijual pada hari itu dia goreng dan dijual lagi. Ternyata, makanan baru tersebut digemari oleh para pembeli.
Saat ini getuk goreng dapat dengan mudah ditemui di sepanjang jalan di Sokaraja. Getuk yang digoreng juga bukan lagi getuk yang tidak laku dijual, melainkan sengaja dibuat untuk digoreng.


5. LANTING

Lanting adalah makanan renyah asli dari Kabupaten Banyumas, terbuat dari singkong, rasanya gurih dan renyah. Bentuk lingkaran, ada juga yang seperti angka delapan. Lanting khas Banyumas tersedia dalam berbagai rasa yaitu asin, pedas, keju, dan jagung manis. 
Lanting ini bisa agan dapatkan di pusat-pusat oleh-oleh khas Purwokerto.


Nah itu dia tadi beberapa jajanan khas Banyumas. buat yang pengen mencicipi silahkan datang ke pusat jajanan khas Purwokerto, soal harga pastinya terjangkau..hehehe ^^

No comments:

Post a Comment