Loading

05 April 2012

Jim ‘the Father of Loud’ Marshall Telah Tiada

Jika sebelumnya linimasa memperingati 18 tahun tewasnya Kurt Cobain. Maka, disaat yang sama tweeps kembali merelakan kepergian seorang sosok yang tidak kalah legendarisnya (bahkan lebih) dalam dunia musik dan sound system. Dialah Jim Marshall, yang dijuluki sebagai The Father of Loud. Jim dikabarkan meninggal hari ini, Kamis (5/4). Lahir di Kensington, London, pada di 29 Juli, Jim meninggal dalam usia 88 tahun. Situs Twitter pun menempatkan kata kunci RIP Jim Marshall sebagai penghuni trending topic malam ini.

Bagi siapapun musisi atau penyuka audio pasti tidak asing lagi dengan brand amplifier Marshall. Dengan latar belakangnya di bidang teknik, Jim mulai merintis karir sebagai seorang pembuat ampli pada tahun 1960. Empat tahun kemudian ia mulai mendirikan pabriknya di daerah Hayes, London Barat, dengan 16 orang karyawan yang bisa memproduksi sekitar 20 ampli setiap minggunya. Dari situ kemudian produk yang diambil dari nama belakangnya mulai terkenal di kalangan musisi.
Sedianya pada 22 September mendatang akan digelar konser akbar bertajuk ‘50 Years of Loud’ untuk merayakan setengah abad kehadiran ampli Marshall di dunia musik. Nama-nama seperti Slipknot, Joe Satriani, Yngwie Malmsteen, Paul Gilbert, Nicko McBrain (Iron Maiden), dan banyak lagi akan tampil dalam konser tersebut. Sayang, Jim tidak dapat menghadiri konser yang ditujukan buat dirinya itu. 

sumber : salingsilang.com

No comments:

Post a Comment