Loading

10 January 2014

5 Olahraga untuk Jantung Sehat

 
 ak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memelihara jantung Anda agar tetap sehat. 

Sibuk bekerja dan melakukan aktivitas yang menyita banyak waktu terkadang menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Padahal olahraga memiliki banyak manfaat, bagi organ tubuh kita, salah satunya jantung. Yuk, cari tahu olahraga apa saja yang bermanfaat bagi jantung!

1. Jalan cepat Mudah dan murah. Jalan cepat merupakan salah satu olahraga yang dapat menjaga kesehatan jantung. Olahraga ini terbilang mudah karena tidak diperlukan keterampilan khusus. Agar olahraga ini terasa lebih menyenangkan, Anda dapat melakukannya bersama keluarga atau orang terdekat Anda.

Dengan olahraga ini, menurut Consumer.healthday.com, Anda dapat mengurangi risiko kolesterol, darah tinggi, dan diabetes. Jika dilakukan secara konsisten, olahraga ini membuat jantung Anda semakin sehat.

2. Jogging Seperti jalan cepat, jogging juga termasuk olahraga yang mudah dan murah. Selain lebih menantang dibandingkan jalan cepat, ada manfaat lain di balik olahraga ini, yaitu dapat membakar kalori, menurunkan berat badan, sekaligus menjaga kesehatan jantung.

3. Renang Menurut ahli penyakit jantung, Prof. DR. Ali Ghani SpPd-KKV, berenang bermanfaat bagi kesehatan jantung karena melatih sistem pernapasan. Gerakan dalam renang dapat membuat sistem pernapasan lebih panjang dan memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Olahraga ini juga bisa menghilangkan stres. Jantung sehat dan hidup yang lebih bahagia, Anda dapatkan sekaligus.

4. Bersepeda Bersepeda merupakan salah satu latihan kardiovaskular. Tak hanya menjaga kebugaran tubuh dan menurunkan berat badan, menurut British Medical Association, hanya dengan bersepeda sejauh 35 kilometer dalam kurun waktu seminggu dapat mengurangi risiko terkena jantung koroner hingga 50%.

5. Senam jantung sehat Senam yang populer di Indonesia ini bermanfaat memperlancar peredaran darah. Agar terasa lebih menyenangkan, Anda bisa melakukan senam jantung ini bersama teman atau keluarga.


No comments:

Post a Comment