Loading

10 January 2014

Aturan Memilih Busana Kerja


Cara berpakaian yang tepat melambangkan profesionalisme Anda dalam bekerja. 

Tentu Anda masih ingat dengan istilah ‘get dressed for success’. Cara berpakaian Anda memang menentukan kesuksesan karir Anda. Dengan menerapkan gaya busana yang tepat di tempat kerja akan meningkatkan percaya diri Anda, sehingga kinerja Anda dalam bekerja pun semakin optimal. Alhasil, Anda tak mustahil meraih sukses dalam karir. Simak tips dari para praktisi penampilan, berikut ini:

Perlukah stocking? “Jika Anda bekerja di bidang formal, jangan pernah lupa memakai stocking saat mengenakan rok mini. Kecuali, jika atasan Anda sering tidak mengenakannya.” Kat Griffin, pendiri situs Corporette.com, sebuah blog fashion dan lifestyle bagi para pengacara, bankir, dan konsultan.

Hindari gaun bertali tipis “Jangan pernah mengenakan gaun bertali super tipis yang membuat Anda terpaksa mengenakan bra tanpa tali.” Jennifer Baumgartner, penulis buku You Are What You Wear dan pemilik InsideOut, sebuah bisnis konsultasi cara berpakaian.

Jeans belel? No way! “Di lingkungan kerja informal, Anda boleh saja memakai celana jeans. Supaya tetap terlihat profesional, pilihlah celana jeans berwarna gelap, dan hindari celana jeans sobek-sobek. Sebagai pilihan, Anda bisa padukan celana jeans dengan blazer atau bisa diganti dengan cardigan.” Sam Saboura, celebrity stylist dari ABC’s Extreme Makeover dan TLC’s Real Simple.

Highheels bikin pede “Memakai sepatu high heels akan membuat Anda terlihat bertubuh ideal dan merasa lebih percaya diri.” Camilla Morton, penulis buku How to Walk in High Heels.

Pilihlah tas fungsional “Ukuran dan struktur sebuah tas kerja sangatlah penting. Pilihlah tas yang cukup untuk membawa iPad atau folder A4, tapi jangan terlalu besar sehingga bisa memuat sebuah wastafel. Tas berstruktur akan membuat Anda terlihat lebih profesional. Gunakan tas yang tak berstruktur, seperti tas hobo, hanya untuk penampilan kasual di akhir pekan.” Amy Richards, pendiri Sterling and Hyde, sebuah merek aksesoris untuk wanita.

Hati-hati terlalu ketat “Gaya klasik, seperti padanan jas atau kemeja dengan rok atau celana panjang terbilang pakaian paling aman. Berikan sentuhan kontemporer agar tak terlihat membosankan. Hindari ukuran pakaian yang terlalu ketat atau sebaliknya, terlalu longgar. Busana yang pas di badan akan membuat kepercayaan diri Anda meningkat pesat.” Ida Liu, direktur sebuah perusahaan fashion retail.

Warna apa yang tepat? "Memakai busana kerja berwarna netral, seperti abu-abu, hitam, cokelat tua, dan biru tua, membuat penampilan Anda telihat aman. Berikan ornamen, seperti syal atau aksesori dengan sentuhan warna cerah agar lebih menarik.” Leatrice Eiseman, penulis buku The Color Answer Book.

No comments:

Post a Comment