Loading

22 December 2013

Puasa Medali Emas Sepakbola Indonesia di SEA Games pun Berlanjut

Jakarta - Melaju ke final SEA Games seperti dua tahun lalu, Indonesia lagi-lagi menuai hasil seperti pada tahun 2011 itu. Kekalahan di partai puncak lagi-lagi dialami dan Indonesia pun melanjutkan puasa medali emas di gelaran SEA Games.

Laju 'Garuda Muda' di SEA Games 2013 ini terbilang relatif tak mulus-mulus amat. Memulai dengan kemenangan 1-0 atas Kamboja di fase grup, Indonesia lalu digasak Thailand 1-4 di laga kedua. Ditambah dengan skor imbang tanpa gol lawan Timor Leste di laga ketiga, jadilah Indonesia berada di ujung tanduk.

Akan tetapi, di laga penentu lawan tuan rumah Myanmar, tim besutan Rahmad "RD" Darmawan tersebut mampu unjuk gigi. Kemenangan 1-0 membuat Indonesia lolos sebagai runner-up Grup B, menyisihkan Myanmar dengan keunggulan head to head, dan menemani Thailand yang melaju sebagai juara grup.

Di semifinal, Kurnia Meiga cs dihadapkan dengan Malaysia. Walaupun kurang diunggulkan dalam rekor pertemuan, termasuk saat dikalahkan Malaysia di final SEA Games dua tahun lalu, Indonesia pada akhirnya tetap mampu meraih tiket ke partai puncak setelah memenangi adu penalti.

ANTARA/Prasetyo UtomoLalu sampailah Indonesia ke final SEA Games--yang keenam buat Indonesia di gelaran tersebut. Thailand kembali harus dihadapi, walaupun kali ini demi memperebutkan medali emas.

Selama 2x45 menit di Zayyarthiri Stadium, Sabtu (21/12/2013) malam WIB, cuma ada satu gol yang tercipta dan itu bukan buat Indonesia. Maka skuat 'Merah Putih' harus puas dengan medali perak saja.

Itu merupakan medali perak keempat buat Indonesia setelah sebelumnya pada 2011, 1997, 1979. Dari total tujuh kali masuk final sampai saat ini, baru dua kali medali emas bisa diraih yakni pada tahun 1987 dan 1991.


Maka dengan hasil teranyar di Myanmar tahun ini, penantian 22 tahun dari publik 'Tanah Air' akan medali emas SEA Games di cabang sepakbola pun masih berlanjut. Usaha untuk mengakhiri puasa itu baru akan hadir dua tahun lagi Singapura.

Hasil Indonesia di Cabang Sepakbola SEA Games

Dua medali emas (1991, 1987), empat medali perak (2013, 2011, 1997, 1979), dan tiga medali perunggu (1999, 1989, 1981).
(dtc/krs) Sumber: detiksport

No comments:

Post a Comment