Loading

04 March 2014

16 Planet Bumi yang Mengandung Kehidupan Ditemukan

Sebanyak 16 planet bumi yang baru ditemukan itu merupakan planet bebatuan yang tipikal. Massanya melebihi massa bumi.planet-bumi
Salah satu exoplanet yang bernama HD 85512 b menarik perhatian astronom, karena orbit lintasannya terletak di zona bintang utama yang cocok sebagai pemukiman. Ia memiliki syarat yang mendukung eksistensi kehidupan.
Exoplanet ini ditemukan oleh High Accuracy Radial Planet Searcher (HARPS) dengan teleskop berkaliber 3.6 meter di La Silla observatory, Chile milik European Southern Observatory.
Michel Mayor, penanggung jawab tim peneliti HARPS dari University of Geneva, Swiss, mengatakan, "Temuan astronomi yang diperoleh HARPS telah melampaui perkiraan kami semula, diantaranya termasuk beberapa planet mirip bumi dan Neptunus, selain itu, bintang utama mereka juga sangat dekat dengan matahari. Hasil ini menunjukkan bahwa saat ini telah dipercepat langkah menjelajahi exoplanet, terutama temuan penting dari planet mirip Bumi yang mengandung kehidupan."

Massa HD 85512 b adalah 3,6 kali lipatnya massa Bumi, jarak bintang utamanya sejauh 35 tahun cahaya dari Bumi, dan beredar di wilayah dekat bintang utama. Tepatnya berada di ujung wilayah bintang tetap yang cocok untuk pemukiman. Ini merupakan sebuah wilayah yang sempit di ruang angkasa, menjaga jarak yang sesuai dengan bintang utama.
Terbetik berita, bahwa spektrograf HARPS digunakan untuk mendeteksi jarak dekat mendekati bintang tetap, perubahan sinyal kecepatan radial kecil planet dengan massa mirip Bumi. Para astronom berhasil mengamati 376 bintang sejenis matahari menggunakan HARPS. Dari karakteristik semua exoplanet yang ditemukan HARPS, para peneliti telah menemukan sebanyak 40% di antara bintang itu sangat mirip dengan matahari. Di dalam orbit bintang tetap seperti ini setidaknya terdapat sebuah planet dengan massa yang lebih rendah dari Saturnus.

No comments:

Post a Comment