Loading

12 December 2013

Misteri Patung Penerbang Belanda di Makam Kembang Kuning Surabaya

Surabaya - Sebuah makam di Pemakaman Kristen Kembang Kuning Surabaya diduga memiliki sejarah tentang dunia penerbangan. Namun, tak satupun pengelola makam yang mengetahui riwayat makam tersebut.

Hanya saja, makam yang di atasnya terdapat patung itu adalah makam Alfred Emile Rambaldo, penerbang Belanda yang lahir di Rembang, Pasuruan. Perwira Angkatan Laut Belanda itu tewas di Blora, Jawa Tengah.

Kepala Komplek Pemakaman Kembang Kuning Mujiyono yang ditemui detikcom juga mengaku tidak tahu menahu tentang latarbelakang makam Rambaldo yang diyakini sebagai perwira Angkatan Laut Belanda yang pertama menerbangkan balon udara.
http://images.detik.com/content/2013/12/12/475/patung2d.jpg
Termasuk keberadaan patung sang pilot di atas makam itu, dia juga tak mengetahui sejarahnya. "Makam pilot itu sudah tidak asing lagi. Sudah lama ada," kata Mujiyono kepada detikcom, Kamis (12/12/2013).

Pria yang mengaku baru dua tahun bekerja di Kembang Kuning ini menyatakan informasi yang beredar hanya menyebutkan bila yang dimakamkan seorang pilot.

Demikian pula Supardi. Petugas pembersih makam ini mengaku tak tahu sejak kapan patung Rambaldo itu berada di atas makam tersebut. Ia menyakini sudah puluhan tahun lamanya.

"Tidak ada yang tahu. Mungkin yang tahu pejabat Belanda di sana," kata Supardi yang mengaku kali pertama bekerja membersihkan makam pada tahun 1976.

Hanya saja Supardi mengakui jika warna patung pilot itu pada masa lalu berwarna hijau. "Saya tidak tahu lagi kok kemudian menjadi putih warnanya," kata dia.



detikNews

No comments:

Post a Comment