Loading

12 December 2013

SIKLUS MAHASISWA

Setelah kita melalui proses penerimaan mahasiswa dan telah melewati OSPEK/P2K, nah saat itu kita menyandang status pekerjaan yg baru gan yaitu MAHASISWA dan tau dong gan gmn susah senangnya nyandang setatus pekerjaan yg atu ni selain nilai "JUAL" kita semakin tinggi dimata para wanita, naik juga "BEBAN MURAL" yg kita emban gan. gmn engga "Mahasiswa itu adalah orang berpendidikan tinggi" saking tingginya bahakan masyarakat menganggap kita itu dewanya segala jenis pelajaran gan

padahal mereka kaga tau gmn kelakuan kita dikampus maka dari itu ane mau cerita gan tentang SIKLUS MAHASISWA 1. Smester 1


Spoilerfor "semangat":



agan yang lagi kuliah ato baru mau kuliah pasti udah/bakalan ngalamin ini gan. pas smester awal (1) pikiran kita itu kampus adalah sebuah tempat para berkumpulnya manusia2 intelektual berotak encer SEMUA. gmn engga berfikiran demikian gan, ane sendiri pas semester pertama masuk kuliah itu 1 jam sebelum jam belajar dimulai gan ! padahal masuk kuliah jam 6.30 PM (maklum ane kuliah mlm gan ) ane jam 5.30 PM udh stanby di parkiran kampus gan takut sampe telat belajarnya gan soalnya kan masih kebawa pola belajar di SMA yg kelo telat masuk kelas bakalan di strap berdiri didepan kelas smester ini itu semester paling rajin gan. absensi full semua, catetan lengkap bahkan pas belajar itu kaga sempet liat temen disamping, alhasil ane kaga sadar kalo ada mahasiswi cakep dikelas ane gan tugas semua beres sebelum tanggal jatuh tempo, PR ga pernah lupa dikerjain gan, dikelas isinya itu diskusi soal materi kuliah dan yg jelas kita itu masih JAIM gan ama temen2 . pokoknya smster awal (1) itu memang super duper semangat dan rajin gan masuk kuliah
2. Smester 2


Spoilerfor "berfikir":



nah di smester 2 ini belom terlalu bnyak perubahan dari smester 1, bahkan masih sangat semangat dan serius dikarenakan baru dpt hasil IPS (Indeks Prestasi Sementara) yg cukup memuaskan. dalam pikiran ane gan pas smester 2 ini "kuliah yg bener, kaga mikirin cwe dan harus dpt nilai A semua mata kuliah dan wisuda secepatnya dan banggain emak ama bapak dikampung" mindset ini ane tanemin gan pas smester 2, ane masih berfikir kalo sarjana itu pasti dpt kerjaan yg lebih mapan dan nilai bagus sebagai tolak ukurnya, sampe2 tiap mlm ane begadang sampe jam 2 cuma buat nyari coddingan program buat experimen ane gan, kebetulan ane kuliah jurusan Teknik Informatika gan pokoknya semua berjalan apa adanya dan semestinya gan. tapi dismester ini ane mulai lirik2 cewe gan
3. Smester 3


Spoilerfor "ngular":



nah titik balik ane mulai dari rajin dan semangat disemester ini gan. kerja seharian daari pagi sampe sore dan habis itu kuliah sampe jam 10 PM bikin ane capek badan gan dari masalah itu ane mulai mencari jalan gmn biar bisa istrht sejenak sebelum masuk kelas gan. mulai deh berangkat rada telat, kuliah mulai rada kaga merhatiin dosen, kuliah mulai males nulis dan tugas mulai ditunda2 tapi ane kaga pernah lewat tanggal jatuh tempo ngumpulin gan dan disemster ini juga ane dpt gebetan gan satu kelas pulak gan. sebagian orng itu menjadi motivasi ya gan, memang waktu itu ane mulai termotivasi lagi buat belajar gan secara gebetan ane mahasiswi pinter gan dikelas ane, gmn kaga pinter IPS nya waktu itu ane tau 3,82 gan malu dong ane gan kalo kaga bisa ngimbangin alhasil dengan kadang2 suka telat masuk dan sebagainya ane tetep jalanin hari2 ane sebagai mahasiswa di smster 3 ini gan.
4. Smester 4


Spoilerfor "malas":



nah ini lah dimana semua dimulai gan. berbekal nilai ujian di smster 3 ane yg rada jeblok yg otomatis membuat IPS ane turun jadi 3,2 gan, ane mulai merasa bosan gan, merasa ga asyik lagi nie kampus dan pergaulan kampus yg sesama orng pekerja itu pasif jarang ngumpul dan kegiatan bareng membuat ane hampir frustasi gan ane udah mulai bolos2 kelas gan, kaga ngerjain PR dan tugas2 pun mulai terbengkalai di smester ini. ane yg tiap telfon emak selalu dinasehatin buat belajar yg pinter maklum gan ane kuliah dri biaya sendiri gan emak ane kaga sanggup nguliahin, ane keluarga petani yg pas2an soalnya gan tapi tetep aja nie smester udh mulai bikin malas kuliah malas belajar dan mulai malas segala2nya gan
5. Smester 5


Spoilerfor makin menjadi":



walopun ane mulai malas2n gan dismester 4 itu tapi asa ane buat lulus dengan waktu tepat masih membumbung tinggi gan. peraturan dikampus ane itu kalo satu smster bolos tanpa keteranga 4 kali nilai matakuliah 0 (nol) gan, sadis kan ane kaga bisa titip absen gan kalo mau bolos soalnya dikampus ane semua sistem online gan bahkan absen pun online dan harus dosen sendiri yg absen berawal dari situ ane mulai mikir gmn caranya bolos tapi tetep diabsen ? gila emang ane gan, orang lain itu mikir gmn biar bisa semnagat lagi tapi ane malah mikir sebaliknya gan jadi ane dpt lah cara gan biar tetep diabsen walopun ane bolos, caranya yaitu pas ane diabsen ane ada dikelas gan, nah pas selese absen ane permisi ke toilet gan dan kaga balik lagi soalnya absensi penting bgt buat kelulusan gan dri pada yg lain intinya di semster ini adalah semester dimana kemalasan dan kebosaan ane berada dipuncaknya gan. jenuh dg keseharian yg harus dijalanin sebagai mahasiswa, gmn engga bosen ane kuliah full 1 minggu gan cuma hari minggu aja yg libur ama tanggal merah mulai jam 6.30-10.00PM tiap hari dan ga pernah ngrasain malam mingguan gan :cry
6. Smester 6


Spoilerfor "balik":



nah setelah ane ngelewatin smster 5 yg berat bahkan sangat amat berat gan tapi ane mulai melanjutkan dengan sedikit pikiran tenang gan, pikiran yg bisa bikin ane semangat lgi gan. kesibukan kuliah ane pun dimulai lagi sebagai mana mestinya dan bahkan mulai makin "berat" dlm arti positif. smester ini ane mulai ngerjain yg namanya proposal peneilitian gan. dikampus ane untuk kuliah kelas karyawan memang tidak diadakan KKN ato PKL gan soalnya udh dianggep dpt dari tempat kerja masing2 jadi ya langsung disuruh bikin proposal penelitian gan. nah ini yg bikin ane sedikit bingung gan, awal mula ane udh persiapin kalo skripsi ane entar bakalan bkin sebuah program aplikasi dikarenkan ane kan jurusan teknik ya, tapi kenyataannya skripsi untuk jenjang S1 bukan bkin sebuah aplikasi gan tapi PENELITIAN. nah mampus dah ane gan. melenceng jauh dri apa yg udh ane banyangin membuat sebuah program aplikasi. ternyata kalo buat aplikasi itu untuk TUGAS AKHIR bagi yg ngambil jenjang D3. tapi ane tetep coba cooling down ane ikutin pelajaran dari dosen tentang penelitian gan tapi tetep aja ane bingung, mau meneliti apa ane ? ane kan anak teknik, itu yg ane pikirin terus gan sampe2 ane dpt info bahwa penelitian itu untuk meneliti sebuah sistem atopun sebuah alur data pada sistem informasi. alhasil ane makin bingung tapi ane tetep mulai semnagat lagi gan. gmn engga semster 7 entar ane uudh skripsi gan. jadi ya mulai smster ini ane mulai coba2 jalan ke perpus yg pada ssmter2 lalu ane kaga pernah masuk ruangan perpus
7. Smseter 7 (Akhir)


Spoilerfor "seemangat":



inilah dimana titik balik dari semua kegundahan dan kemalasan ane gan. semster ini ane lagi mulai nyusun skripsi gan. berbekal nila UAS smster 6 ane jauh diluar bayangan ane gan, gmn engga nilai ane nyaris SEMPURNA dan alhamdulillah semua mata kuliah ane lulus dan ane bisa lanjutin skripsi sesuai target dan jadwal yg sebagai mana mestinya gan, itu yang bikin ane menggebu2 kembali untuk kuliah gan, pengen cepet2 kelar nie belajar, pengen cepet2 pake toga, pengen cepet2 ngajak emak ama bapak ke acara wisuda pokoknya pengen cepet2 ngebanggain orang tua yg jadi mimpi ane gan diawal kuliah. semseter ini ane rajin bgt ke perpus gan. dari jam 5.00 PM sampe ane diusir petugas perpus gegara perpus mau tutup tapi ane masih asyik baca buku gan pokoknya semua waktu dikampus berasa cepet bgt gan. yg biasa ane kaga pernah tuh nyentuh buku2 perpus ane jadi kuat baca buku tebel2 gan pokoknya semester 7 akhir ini adalah tittik baliknya dari smseter2 suram ane yg lalu
nah dari itu semua ane nyimpulin gan bahwa siklus hidup manusia itu sama dengan siklus hidup mahasiswa. manusia berawal dengan sifat ke kanak-kanakan, kemudian menjadi dewasa dan kemudian kembali lagi ke sifat anaknya kala sudah tua begitu juga mahasiswa, berawal dari sifat rajin dan optimis serta semangat kemudian merasakan kebosanan dan frustasi tetapi ketika sudah hampir selesai mahasiwa akan kembali kesifat rajin nya, optimisnya dan semnagatnya untuk lulus

No comments:

Post a Comment