Loading

15 March 2014

Review Lenovo Yoga Tablet 8

Harga: Rp3.699.000


Highlights:
Lenovo Yoga Tablet 8 sangat nyaman digunakan ketika membaca, menonton video atau mengetik, meskipun tanpa menggunakan case tambahan. Performanya juga tak mengecewakan saat digunakan bermain game yang tergolong berat.
CHIP.co.id - Memilih tablet sekarang ini mungkin tak semudah dua atau tiga tahun lalu ketika vendornya masih tak terlalu banyak. Setidaknya kita hanya punya dua pilihan terkuat, iPad atau Galaxy Tab. Pada perkembangan selanjutnya, pilihan semakin beragam karena hampir semua produsen besar, termasuk pemain lokal Indonesia turut memperkenalkan tablet buatannya.
Itu pula yang dilakukan Lenovo. Mereka resmi mengumumkan keberadaan Yoga Tablet 8 di Indonesia pada Januari lalu. Namun berbeda dengan tablet pada umumnya, desain Yoga Tablet 8 terbilang tak biasa. Pekan ini, CHIP berkesempatan mengulas lebih dalam tablet yang dibanderol Rp3.699.000 tersebut.


Desain
   
Lenovo Yoga Tablet 8 Inci dibungkus dalam kotak berwarna hitam. Di bagian depan, tampak jelas foto tablet ini. Isi kotak Yoga Tablet 8 terdiri-dari kartu garansi, kabel power/data, dan buku panduan.


Pada awalnya, CHIP sempat ragu apakah Yoga Tablet 8 nyaman digenggam karena desainnya sama sekali baru dan tak pernah diterapkan vendor lain pada tablet buatannya. Jika Anda perhatikan, bagian pegangan di sebelah kiri, seperti pada gambar ini, tampak lebih menonjol, sehingga ketika diletakkan, bodi Yoga Tablet 8 akan tampak miring
Namun keraguan itu segera sirna, Yoga Tablet 8 sangat nyaman digenggam ketika membaca. Uniknya, ketika posisi tablet dibalik dan dipegang dengan tangan kanan, pengoperasian perangkat berukuran 8 inci ini bisa dilakukan dengan satu tangan saja. Misalnya, ketika Anda membuka halam berita di Flipboard.
Sebagai informasi, bagian menonjol pada Yoga Tablet 8 adalah penyangga ketika kita ingin meletakkannya di meja. Selain itu, Lenovo juga meletakkan tombol on/off di tempat tersebut.
Karena bahannya terbuat dari logam, gagang Yoga Tablet 8 akan terasa sangat dingin ketika Anda berada di ruang ber-AC. Namun, ketika dioperasikan sampai panas, panasnya tak akan terasa berlebihan. Kali ini, Lenovo harus diapresiasi karena telah berhasil mengatasi salah satu kelemahan besar Lenovo K900 yang bodinya terasa panas berlebihan ketika dioperasikan dalam waktu lama.
Dengan desain unik ini, tak salah jika Lenovo mengunggulkan Yoga Tablet 8 sebagai perangkat yang bisa dioperasikan dengan tiga cara sekaligus, yakni hold, tilt, dan stand. Ketiga fitur tersebut saling melengkapi dan akan membantu ketika Anda membaca, menonton atau mengetik, baik menggunakan keyboard virtual di perangkat atau keyboard tambahan.

Beginilah model Lenovo Yoga Tablet 8 ketika diletakkan dalam model stand, berguna ketika Anda menonton video atau membaca sambil melakukan aktivitas lain.

Lenovo meletakkan tombol power di dekat penyangga. Tepat di atasnya, kita bisa melihat colokan micro USB, sekaligus berfungsi untuk colokan pengisi daya baterai. Meskipun tampil beda, letak tombol power ini tak merepotkan pengguna.


Di bagian belakang Yoga Tablet 8 terdapat colokan kartu SIM dan kartu microSD. Jika penyangga sedang tak digunakan, ia dapat dilipat dan akan menutup kartu SIM dan kartu microSD.


Di sebelah kanan penyangga, tepatnya di dekat tombol power, Lenovo membenamkan kamera 5 Megapiksel. Hasil jepretan Yoga Tablet 8 tak terlalu mengecewakan untuk ukuran tablet. Penasaran? Berikut contoh foto-fotonya.



Yang juga cukup menonjol dari Yoga Tablet 8 adalah dua buah speaker di sebelah kiri dan kanan yang sudah diperkuat oleh Dolby Digital Plus. Efek suara Dolby sangat terasa ketika tablet digunakan untuk mendengarkan musik atau menonton film.


Software dan Antarmuka

Sistem operasi Lenovo Yoga Tablet 8 adalah Android 4.2.2 Jelly Bean yang belum bisa diperbarui menjadi KitKat. Antarmuka perangkat ini dirancang Lenovo dengan minimalis dan aplikasi di dalamnya juga tergolong standar. Namun, ia sudah memiliki aplikasi Shareit yang berguna untuk mentrasfer berkas antar perangkat. Kecepatan transfer aplikasi ini diklaim 40 kali lebih cepat dibanding bluetooth dan mendukung semua format berkas.

Hardware dan Performa
Lenovo Yoga Tablet 8 yang kami ulas ditenagai prosesor MT8389 Quad-core 1,2 GHz, RAM 1 GB, layar high definition 1.280 x 800, dan ruang penyimpanan internal 16 GB yang bisa ditambah melalui microSD hingga 64 GB. Seperti disebutkan di atas, Yoga Tablet 8 memiliki kamera belakang 5 MP dengan auto focus, dan kamera depan 1,6 MP.
Selain itu, tersedia juga port micro USB yang mendukung fungsi USB On The Go (OTG), audio jack 3,5 mm. Untuk mengakomodasi kebutuhan konektivitas, tersedia Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, dan slot microSIM.
Lenovo Yoga Tablet 8 berbobot 400 gram dan menggunakan baterai Li-ion 6.000 mAh, yang selama pengujian bisa bertahan selama sehari penuh.
Saat digunakan untuk bermain game, Lenovo Yoga Tablet masih bisa diandalkan. Hal tersebut terbukti saat CHIP mencoba memainkan FIFA 14. Tak ditemukan lag sedikit pun saat bermain, padahal FIFA 14 adalah salah satu game yang akan memaksa kinerja perangkat mobile.
Ketika bermain dalam waktu yang cukup lama, panas yang dihasilkan sama sekali tidak menganggu kenyamanan pengguna. Sementara itu, konsumsi daya perangkat ini tergolong irit saat CHIP bermain dengan pengaturan suara yang dimaksimalkan dan pencahayaan otomatis. Daya yang dibutuhkan saat bermain FIFA 14 selama satu jam hanya sekitar 4-6%.
Dari pengalaman penggunaan, performa Yoga Tablet 8 sama sekali tak mengecewakan. Meskipun, kalau diuji dengan sotfware benchmark AnTuTu, poin yang didapatkan perangkat ini tergolong rendah.


Kesimpulan
Lenovo Yoga Tablet 8 sangat nyaman digunakan ketika membaca, menonton video atau mengetik, meskipun tanpa menggunakan case tambahan. Performanya juga tak mengecewakan saat digunakan bermain game yang tergolong berat.

No comments:

Post a Comment