Loading

15 March 2014

Samsung Galaxy S4 Zoom: Paket Genggaman Tangan yang Lebih dari Cukup

Harga: N/A

Kelebihan:
- 10x optical zoom, Optical Image Stabilization (OIS), Flash Xenon, mode pemotretan Manual (M)

Kekurangan:
- Bodi besar dengan lensa yang menonjol, noise pada gambar terlihat sejak awal

Highlights:
Perkembangan dunia digital terus melesat dan seolah membuat hal yang dahulu hanya khayalan kini menjadi kenyataan. Seperti halnya khayalan optical zoom di kamera smartphone yang menjadi kolaborasi magis dan nyata Samsung Galaxy S4 Zoom.
CHIP.co.id - Tampilan dua rasa menjadi kesan pertama melihat Samsung Galaxy S4 Zoom. Berada di genggaman dan dilihat dari belakang smartphone ini kental akan aksen kamera, namun dari depan jelas terasa bahwa ini smartphone. Lekukan bodi belakang layaknya grip kamera lengkap dengan tombol shutter, indicator AF-Assist, lekuk bodi belakang, dan sisi menonjol dari lensa yang menghadirkan sensasi kamera compact pada tubuh Galaxy S4 Zoom.
Kehadiran Galaxy S4 Zoom semakin memeriahkan persaingan pasar smartphone yang mengedepankan kualitas kamera sebagai salah satu nilai jualnya. Resolusi besar hingga perbekalan feature canggih selalu menghias katalog promosi smartphone. Namun, kali ini Samsung membuat sebuah terobosan dengan menghadirkan optical zoom sebagai pendongkrak kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera smartphone tersebut.
 
 
Transformasi di Sektor Kamera
Melihat desainnya, Samsung menanggalkan kesan tipis dan ringan seperti kebanyakan smartphone dan memiliki lekukan tubuh yang agak aneh. Namun, hal tersebut bukan tanpa alasan. Galaxy S4 Zoom dibangun Samsung dengan menitik beratkan pada sistem kameranya, tetapi tidak mengurangi performa utama sebagai smartphone.
 
Penanaman 10x optical zoom yang setara dengan focal length 24-240 mm pada kamera berformat 35 mm menjadi poin plusnya yang ditambah pilihan aperture di angka f/3.1 (wide) dan f/8.8 (tele). Feature OIS (Optical Image Stabilization) dan Xenon Flash akan sangat membantu dalam membingkai foto maupun perekaman video (untuk OIS). Selain itu, Samsung juga membekalinya dengan CMOS sensor 1/2.3 inci beresolusi 16 Megapixel yang semakin memantabkan Anda membidik momen di balik smartphone.
 
Walau bertubuh bongsor dan berdesain aneh, namun pengoperasian kamera dan akslerasinya masih nyaman digenggaman. Anda cukup memutar ring lensa ke kanan dan menyentuh menunya atau sentuhkan jari pada pilihan menu kamera di layar, maka dalam hitungan detik feature kamera ataupun video akan aktif. Setelah itu, keleluasaan jari Anda membidik momen juga dihadapkan dalam dua opsi yaitu, menekan tombol shutter fisik maupun shutter virtual yang ada di layar.
 
Mode pemotretan yang dihadirkan pada Galaxy S4 Zoom ini tentu juga mengejutkan para enthusiast fotografi. Dari 25 pilihan profesional style, full auto, mode “P,” hingga manual “M” akan memanjakan kreatifitas berfotografi Anda layaknya para profesional. Pilihan angka ISO dari 100 hingga 3200 akan mempermudah pemotretan pada kondisi minim cahaya. Metering, drive mode, hingga white balance (WB) juga dapat diatur sesuai kebutuhan. Sensasi kamera yang melekat pada smartphone sungguh kental terasa.
 
 
Di Atas Rata-Rata
Feature kamera yang dihadirkan Samsung pada Galaxy S4 Zoom ini sangat mumpuni dan lebih dari cukup dalam membidik momen sehari-hari, tetapi dalam hal ini CHIP Foto Video tidak membahas itu saja. Dalam pengalaman uji lapangan hasil foto atau gambar menjadi salah satu poinnya. 
 
Sajian gambar yang dihasilkan Galaxy S4 Zoom dalam pengujian redaksi CHIP Foto Video adalah di atas rata-rata kebanyakan kamera smartphone. Warna, ketajaman, detail gambar tersaji dengan baik dalam preview di layar Super AMOLED 4.3 incinya maupun di layar monitor. Hanya saja sedikit noise hadir lebih awal dari bingkai-bingkai foto yang dihasilkan saat dilakukan pembesaran gambar di monitor, tetapi dalam preview normal tidak terlihat berarti dan masih menyajikan kualitas yang baik.
 
Fungsi pemotretan makronya juga memikat Anda para pehobi fotografi. Hanya dengan memilih mode pemotretan makro pada menu kamera dan secara otomatis memotret benda dari jarak sedekat mungkin dapat dilakukan. Hasil foto makronya juga menghasilkan ruang tajam dan bokeh yang manis jika kita dapat memainkan angle-nya.
 
Tidak sebatas itu saja, yang gemar merekam klip video juga difasilitasi feature video Full HD 1080P (30 fps). Seusai merekam video Anda juga dapat dengan mudah dan segera mengolah hasilnya menggunakan aplikasi bawaan dari Samsung (video editor). Tidak salah juga ketika Anda membawa Galaxy S4 Zoom ini sebagai teman traveling atau jalan-jalan. Beragam feature seperti Navigation, Maps, S-Translator akan memudahkan Anda menemukan lokasi dalam perjalanan selama ponsel pintar terhubung dengan paket data jaringan Internet atau Wi-Fi.
 
 
"Berbekal 10x optical zoom pada feature kameranya, Galaxy S4 Zoom dari Samsung ini akan memberikan sensasi pemotretan yang lebih baik dan nyata bagi Anda. Dengan mengesampingkan bodi ramping, Samsung mendesain ponsel pintar tersebut dengan lekuk layaknya kamera compact. Momen-momen perjalanan Anda tentu tidak akan terlewatkan dari bidikan kamera jika Galaxy S4 Zoom melekat di genggaman. " - Taufan Yusuf   
 
Samsung Galaxy S4 Zoom
Resolusi 16 Megapixel CMOS sensor
Focal Length 24-240 mm (10x optical zoom)
ISO Auto, 100 - 3200
Layar LCD 4.3 inci Super AMOLED
Video Full HD 1080P (30fps)
Dimensi 125.5 (H) x 63.5 (W) x 15.4 (D) mm 
Berat 210 gram

No comments:

Post a Comment