Loading

16 December 2013

Bersihkan Jejaring Sosial Anda Dari 5 Hal Ini Guna Mendapatkan Pekerjaan

Bagi anda para pencari kerja sepertinya anda harus lebih berhati-hati lagi dalam membuat post atau tweet di akun jejaring sosial yang anda miliki. Karena jika anda menyalah gunakan pemakaian jejaring sosial tersebut, maka besar kemungkinan anda akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang selama ini telah anda impikan.
http://trumpetmediagroup.com/downloads/414/download/bitblt-150x150-fda276065eb21cf487091d3e8633fdd620f078dd/FB-Twit-Logo.jpg
Sebuah survey menyebutkan, bahwa terdapat 40% pihak perusahaan akan mempertimbangkan para kandidatnya untuk diterima atau tidak melalui akun-akun jejaring sosial yang dimiliki para kandidatnya tersebut. Dan biasanya pihak perusahaan yang akan memberikan pekerjaan akan melihat setiap pelamar kerja yang sesungguhnya melalui akun-akun seperti facebook, twitter, sampai google+ dan jejaring sosial lainnya.



Setelah itu, ketika pihak perusahaan telah mengetahui dengan pasti para kandidatnya melalui media jejaring sosial, maka pihak perusahaan akan memberi beberapa kriteria yang memang tengah mereka cari di jejaring sosial tersebut. Dan pihak perusahaan akan menjelaskan beberapa hal apa saja yang akan menjadi nilai minus bagi mereka para pelamar kerja jika mereka membuat beberapa postingan.

Jika seperti itu, lalu postingan seperti apa saja yang memang dianggap oleh pihak perusahaan sangatlah terlarang? Berikut ulasan yang akan kami uraikan.
1. Post atau tweet yang berifat seksual
Sebaiknya perilaku seseorang yang memang memiliki pandangan seksual hanya diketahui oleh diri sendiri saja, tanpa harus diumbar di media sosial. Dan tentunya tidak baik juga jika perilaku tersebut harus diumbar di publik dengan membuat post atau pun tweet di media sosial. Pihak perusahaan yang akan memberikan pekerjaan sendiri tentunya akan menganggap hal tersebut tidak baik, dan akan memberikan nilai yang negatif terhadap calon kandidatnya yang jelas-jelas terlibat dengan hal tersebut. Ternyata ada sekitar 71% para pelamar kerja yang ditolak hanya karena mereka membuat post seperti itu di jejaring sosial yang mereka miliki.
2. Menggunakan kata-kata kotor
Selain memosting hal yang berbau seksual, menggunakan kata-kata kotor di post yang anda buat juga akan memberikan nilai yang buruk dari pihak perusahaan. Walaupun dengan anda mengeluarkan kata-kata kotor telah menjadi satu sifat yang dimiliki oleh setiap orang ketika mereka berhadapan dengan situasai yang memang tidak diinginkan. Namun sebaiknya hal tersebut dapat anda kontrol dengan baik, terutama di jejaring sosial. Dan telah tercatat ada sekitar 65% pelamar kerja yang ditolak hanya dikarenakan mereka membuat post yang memang tidak layak untuk dilihat ini pada akun jejaring sosial yang mereka pergunakan. Dan pada kenyataannya pihak perusahaan memang tidak ingin memiliki karyawan yang memiliki kebiasaan mengumpat.
3. Menggunakan tata bahasa yang salah
Mungkin pada poin ini bukanlah merupakan kesalahan yang besar bagi sebagian orang. Tetapi pada kenyataannya jika anda melakukan hal tersebut, dengan anda melakukan kesalahan dalam penulisan serta tata bahasa yang dipergunakan di akun jejaring sosial yang anda miliki, maka kemungkinan besar anda akan ditolak bekerja di perusahaan yang anda incar. Sebaiknya anda mempergunakan bahasa yang memang benar dan baik, jangan pernah anda mencoba untuk mempergunakan bahasa-bahasa yang alay. Jika anda masih tetap menggunakan bahasa-bahasa yang dipandang alay, maka anda harus siap-siap masuk kedalam kelompok orang-orang yang akan ditolak oleh perusahaan yang akan memberikan pekerjaan.
4. Dekat dengan senjata api
Mungkin di beberapa negara memiliki senjata api merupakan satu hak bagi mereka warga sipil. Tetapi pada kenyataannya hal tersebut dapat menghalangi seseorang mendapatkan pekerjaan yang diimpikannya. Karena seseorang yang jelas-jelas memiliki senjata api akan sangat identik dengan dunia kekerasan. Oleh karena itu pihak perusahaan akan sangat keras menolak pelamar kerja yang memiliki kedekatan dengan senjata api di jejaring sosial.
5. Foto terkait dengan mengkonsumsi alkohol
Orang-orang yang memang mengkonsumsi alkohol atau pun minuman keras akan dinilai negatif oleh pihak perusahaan. Mereka tidak akan segan-segan menolak lamaran anda jika anda didapatkan tengah berfoto dengan meminum-minuman keras tersebut di akun jejaring sosial yang anda miliki. Oleh karena itu, jika anda memang ingin benar-benar mendapatkan pekerjaan yang anda impikan, sebaiknya anda menjauhi minuman yang berbau alkohol atau minuman keras.

No comments:

Post a Comment