Loading

16 December 2013

Akhirnya Menang Lagi, MU Tundukkan Villa 3-0

Birmingham - Manchester United akhirnya kembali meraih kemenangan. Bertandang ke Villa Park menghadapi Aston Villa, The Red Devils pulang dengan keunggulan 3-0, yang menjadi kemenangan pertama mereka dalam lima laga terakhir Premier League.

Getty Images/Matthew PetersDi Villa Park, Minggu (15/12/2013) malam WIB, dua gol kemenangan MU dilesakkan Danny Welbcek di babak pertama. Sementara satu lainnya dibuat Tom Cleverley di awal babak kedua.

Kemenangan ini menjadi yang pertama diraih MU di Premier League dalam lima pertandingan terakhir. Di dua laga sebelumnya 'Setan Merah' takluk di kandang atas Newcastle United dan Everton, dan cuma bermain imbang dengan Tottenham Hotspur serta Cardiff City. Kemenangan terakhir MU di kompetisi domestik adalah saat menundukkan Arsenal 1-0 pada 10 November lalu.

Tiga poin dari laga ini membuat MU naik ke posisi delapan klasemen dengan poin 25. Dari 16 pertandingan, Wayne Rooney dkk meraih tujuh kemenangan, empat kali imbang dan lima kali kalah. MU masih tertinggal 10 poin dari Arsenal di posisi teratas dan terpaut enam dengan Everton sebagai klub terakhir di zona Liga Champions.

Sementara buat Villa, kekalahan ini membuat mereka gagal beranjak dari posisi 11 klasemen. Mereka sudah mengumpulkan 19 poin sejauh ini.

Jalannya Pertandingan

Berlaga di Villa Park, Minggu (15/12/2013) malam WIB, Villa lebih dulu mengreasikan beberapa peluang di awal pertandingan. Yang pertama adalah melalui Karim El Ahmadi saat tendangan jarak jauh yang dia lepaskan masih terlalu lemah dan tepat mengarah ke David De Gea di menit ketiga.

Pada menit kelima gantian Marc Albrighton melepaskan tendangan dari muka kotak penalti memanfaatkan kesalahan Patrice Evra. Bola yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang kembali bisa diselamatkan David De Gea.

MU lantas malah lebih dulu unggul di menit 15. Gol ini bermula dari serangan yang dibangun dari sisi kanan, di mana Rafael da Silva berhasil mengarah tepat ke Adnan Januzaj di tengah kotak penalti. Tandukan bertenaga yang dilepaskan Januzaj masih membentur tiang gawang, namun bola yang memantul berhasil disambar Welbeck yang mengarahkannya ke dalam gawang.

Belum hilang kegembiraan pemain dan fans MU, gol kedua sudah lahir, kembali melalui Welbcek. Dari kesalahan umpan pemain belalkang Villa, bola berhasil dikuasai Welbeck, yang langsung mengumpan pada Antonio Valencia di sisi kanan lapangan.

Menusuk di sisi lapangan, Valencia lantas mengirim bola ke tengah kotak penalti. Si kulit bundar sepertinya akan dieksekusi menjadi gol oleh Januzaj, tapi Welbeck mendahuluinya karena sambil menjatuhkan diri dia membelokkan bola ke dalam gawang.

Memasuki menit 29 Wayne Rooney nyaris membuat MU unggul 3-0. Tendangan yang dia lepaskan melenceng tipis di tiang jauh gawang The Villas.

Tak lama berselang Welbcek juga punya kans menorehkan hat-trick. Lolos dari jebakan offside saat mengejar umpan terobosan Antonio Valencia, tendangan striker internasional Inggris itu tipis luput dari sisi kanan gawang tuan rumah. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Villa kembali lebih dulu punya peluang bikin gol di awal babak kedua. Namun seperti terjadi di babak pertama, justru MU yang lebih dulu menceploskan bola ke dalam gawang, tepatnya di menit 52.

Rooney punya peran besar dalam terciptanya gol ini saat dia dengan jeli melihat pergerakan Cleverley yang menusuk masuk dari sisi kanan ke dalam kotak penalti. Umpan pendek Rooney tepat mengarah ke Cleverley, dan saat tinggal berhadapan dengan kiper tendangan yang diarahkan ke tiang dekat brujung gol.

Villa punya peluang emas memperkecil ketinggalan pada menit 60, namun tendangan keras Albrighton masih bisa dihalau De Gea. Tak lama berselang gantian El Ahmadi yang punya kesempatan mencetak gol untuk Villa, namun tendangan bebas yang dia lepaskan kembali mentah oleh De Gea.

Di kesempatan lain, MU juga berhasil membuat peluang gol yang bakal membuat Welbeck mencatatkan hat-trick. Namun tendangan cungkil Welbeck dari dalam kotak penalti, memanfaatkan kemelut yang terjadi di sana, terlalu keras. Bola melayang di atas mistar gawang.

Enam menit sebelum pertandingan tuntas Cleverley nyaris mencetak gol keduanya. Mendapat umpan backheel dari Welbeck, tendangan sang gelandang terlalu kuat sehingga terbang tinggi di atas sasaran.
(dtc/din) Sumber: detiksport

No comments:

Post a Comment