Loading

16 December 2013

SEA Games XXVII - Gol Penalti Alfin Loloskan Indonesia ke Semifinal

Tim nasional Indonesia U-23 melaju ke babak semifinal ajang SEA Games 2013. Tim 'Merah Putih' memetik kemenangan tipis 1-0 atas Myanmar di laga penentuan berkat gol penalti Alfin Tuasalamony.

Dalam pertandingan lanjutan Grup B yang dihelat di Thuwanna YTC Stadium, Senin (16/12/2013) malam WIB, Alfin dilanggar oleh Pyae Phyo Aung di menit 35. Alfin lantas bisa mengeksekusi bola titik putih dengan sempurna sebagai penentu kemanangan Indonesia.

Myanmar harus bermain dengan 10 pemain setelah Ye Lin Aung menyikut Fandi Eko Utomo di menit 88. Di sisa pertandingan tak ada lagi gol tambahan, hingga Indonesia menang dengan skor tipis 1-0.

Dengan tambahan tiga angka ini, Indonesia pun memastikan satu tempat ke babak empat besar. Mereka mengumpulkan tujuh angka, sama dengan kumpulan poin Myanmar, tapi menang head-to-head.

Jalannya Pertandingan

Indonesia mendapatkan peluang emas di menit keempat. Mendapatkan umpan terobosan dari Yandi Sofyan, Bayu Gatra mampu berlari menusuk di sisi sayap kanan, dia bisa melepaskan sepakan keras, tapi masih bisa ditangkap oleh Pyae Phyo Aung.

Bayu Gatra kembali mengancam pada menit 11. Dia melakukan sepakan keras dari dalam kotak penalti, tapi masih menyamping. Fandi Eko Utomo yang menjadi pengumpannya.

Bayu Gatra kembali mengancam pada menit 11. Dia melakukan sepakan keras dari dalam kotak penalti, tapi masih menyamping. Fandi Eko Utomo yang menjadi pengumpannya.

Alvin melakukan sundulan di menit 14 meneruskan satu sepak pojok. Belum juga berhasil, sundulannya mesih menyamping.

Dua menit sesudahnya, Rizky Pellu juga mencoba peruntungan dari luar kotak penalti. Tapi, upayanya itu masih terlalu lemah.

Myanmar mendapatkan peluang di menit 18 lewat satu tendangan sudut. Zaw Min Tun melakukan sundulan tapi masih melayang.

Tuan rumah kembali mendapatkan peluang 14 menit berselang. Kyaw Zayar Win mendapatkan bola terobosan di sayap kanan, lalu menyepa bola tapi masih menyamping.

Indonesia mendapatkan hadiah tendangan penalti di menit 35 usai Alfin dilanggar oleh Phyo Aung. Alfin yang mengeksekusi sendiri tendangan penalti, mampu memasukan bola ke dalam gawang.

Fandi Eko mendapatkan peluang emas di menit 42. Mendapatkan umpan apik dari Alfin, sepakannya masih melesat.

Yandi Sofyan menyia-nyakan peluang di meit 53. Mendapatkan umpan dari Rizky Pellu, sepakannya dari luar kotak penalti belum menemui bidang.

Myanmar mengancam lewat Thet Naing di menit 72. Sepakan jarak jauhnya masih belum menemuai sasaran.

Dua menit sesudahnya, tim tua rumah juga mendapatkan peluang lewat sepakan bebas Si Thu Aung yang mengarah ke gawang Indonesia. Andrittany yang bisa memenangi duel udara, sampai dilanggar oleh Zaw Min Tun.

Myanmar mendapatkan peluang lagi di menit 76. Berawal dari sepakan bebas lagi, Kaung Si Thu gagal menyundul bola di muka gawang.

Bayu Gatra gagal memanfaatkan peluang emas di menit 78. Tinggal berhadapan dengan kiper usai mendapatkan umpan dari Yandi Sofyan, sepakan Bayu Garta melebar.

Si Thu juga gagal memanfaatkan peluang emas di menit 80. M. Syaifuddin gagal menyapu bola, Si Thu masih juga belum mampu menceploskan bola ke gawang.

Alfin! Sepakan bebasnya di menit 84 masih membentur pagar hidup Myanmar.

Myanmar harus bermain dengan 10 pemain usai Ye Lin Aung diacungi kartu merah usai bersitegang dengan Fandi Eko di menit 88. Fandi sendiri mendapatkan kartu kuning.

Kendati unggul jumlah pemain, Indonesia tak bisa memenambah gol. Saat laga usai skor 1-0 tak berubah. Indoneseia pun lolos ke semifinal.

Susunan Pemain

Indonesia: 12-Andrittany Ardhiyansa; 26-Alfin Tuasalamony, 13-Manahati Lestusen, 29-M. Syaifuddin, 24-Diego Michiels; 11-Dedi Kusnandar, 7-Ramdhani Lestaluhu (Andik Vermansah 62), 23-Bayu Gatra, 4-Rizky Pellu, 22-Fandi Eko Utomo; 9-Yandi Sofyan (Egi Melgiansyah 83)

Myanmar: 1-Pyae Phyo Aung; 17-Aung Zaw, 2-Si Thu Aung, 3-Zaw Min Tun, 5-Yan Aung Win; 12-Nay Lin Tun (Thet Naing 69), 7-Kyaw Zayar Win (Kaw Ko Ko 46), 11-David Htan (Thien Than Win 49), 14-Ye Lin Aung; 19-Kyaw Min Oo, 9-Kaung Si Thu
(dtc/cas) Sumber: detiksport

No comments:

Post a Comment