Loading

09 January 2014

7 Tempat Makan Enak Jogja! (Pencinta Kuliner Wajib MASUK!)

1. Manggut Lele Mbah Marto



Lokasinya berada di Dusun Nengahan, Ngiring-Ngiring, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Dilihat dari tingkatan daerah yang berposisi sebagai Dusun, bisa dipastikan bahwa lokasinya berada jauh dari pusat kota dan masuk ke dalam pedesaan.




Rasanya mangut lelenya memang berbeda dengan yang biasa dijumpai di warung atau rumah makan pada umumnya. Daging lelenya keset, pedas dan khas masakan tungku. Pasalnya, lele terlebih dahulu ditusuk dengan pelepah daun kelapa kemudian di panggang di atas tungku dengan menggunakan kayu bakar sampai matang baru kemudian dimasak bersama bumbunya. Cara memasaknya yang menggunakan kayu bakar inilah yang memberikan aroma dan rasa “asap” yang khas pada lelenya. Meskipun menggunakan kuah santan, tapi kuahnya cair berwarna merah terang, menandakan bahwa cabai yang digunakan tidak sedikit. Kreceknya sendiri cukup lembut dan tidak sepedas mangut lelenya, untuk sayur daun pepayanya juga enak dan tidak pahit.






 

2. Sop kaki kambing Bang Udin



Lokasinya di dekat bundaran UGM atau tepatnya depan SMPN 1 Yogyakarta,Jl.Cik Ditiro.

Kalo agan dateng jam makan,dapat dipastikan harus mengantri karena banyaknya pengunjung di warung ini.. Selain ada tempat duduk ,pengunjung juga bisa lesehan di emperan jalannya. Pada baskom-baskom di hadapan penjual terdapat aneka jerohan,kaki hingga torpedo yang bisa kita pilih sesukanya. Jangan kuatir akan harga,karena harga di sop kaki ini benar-benar terjangkau. Harganya sesuai dengan kualitas dan rasa gan, serius dehh..




 

3. Bakmi PELE





Bakmi Jogja memiliki rasa yang khas, tidak bisa disandingkan dengan bakmi lainnya. Bakmi Jogja dan bakmi Semarang punya karakteristik yang berbeda, meskipun keduanya biasa disebut bakmi jawa. Setiap kali mudik ke rumah orang tua saya hampir tidak pernah melewatkan menikmati salah satu sajian kuliner yang satu ini. Maklum, waktu kecil hingga remaja, kedua orang tua saya sering membelikan saya bakmi godhog (mie rebus) untuk makan malam.



Letaknya di daerah Sidoarum, Godean, Sleman. Pas pertigaan Jl. Bantulan dan Jl. Godean. Warung bakmi tersebut adalah salah satu cabang dari warung pertamanya di daerah alun-alun Yogyakarta


4. Siomay Kang Cepot


Alamat : Jln. Kaliurang km 8 Yogyakarta , 0274 7812344
Jam Operasi : 10.00 – habis (biasanya 20.00)

Makanan satu ini memang banyak digemari oleh kaula muda. Selain rasanya enak, makanan ini juga sangat merakyat. Dulu waktu kita kecil, kita sering beli siomay yang dijual di depan sekolah-sekolah. Sekarang, kita juga masih bisa jajan siomay di Siomay Kang Cepot yang lokasinya di Jakal KM 8, kalau dari selatan ada di kiri jalan.

Warung Siomay ini selalu laris dan tidak pernah sepi pengunjung karena rasanya yang enak dan harga yang ditawarkan juga terjangkau. Di sini kalian bisa memilih sendiri komposisi siomay yang kalian pilih, jadi bisa disesuaikan dengan selera, porsinya pas agar tidak kekenyangan atau kurang! Silakan kalian pilih, ada siomay ikan (tengiri), siomay ayam, siomay udang, kol, tahu, kentang, dan ada juga pare. Harga rata-rata per-bijinya adalah Rp 1500 kecuali yang siomay udang. Bisa goreng maupun rebus….

Bumbu kacangnya ada 2 pilihan : Pedas dan Tidak pedas. Rasa manis dan gurih dari bumbu kacangnya sangat pas dipadukan dengan siomay yang terasa banget ikannya (ga cuma terasa tepung patinya). Pokoknya enak!


5. Bakso Mawut.

Bakso Mawut ini bener2 keren banget gan, yang punya cewe & masih muda. Omset Bakso Maqut perbulan ratusan juta gan! Udah diliput sama Trans TV, Kompas & banyak media lainnya. Ini dikarenakan sang pemilik Dini Mawut sangat kreatif dan berani dalam berinovasi dalam bisnisnya.



Rahasia kelezatan bakso ini terletak pada pemilihan bahan baku dagingnya. Dhini sengaja memilih jenis daging sapi segar yang kualitas super, meski tergolong mahal namun kualitas rasa dijamin tidak mengecewakan. Berbeda dengan bakso pada umumnya, daging dalam bakso ini benar-benar dominan.



Kedainya yang terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 17C Kota Magelang ini tak pernah sepi pengunjung terutama pada jam makan siang dan sore hari. Harga yang dipatok pun relatif terjangkau, mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 10.000 per porsi. Muraah dan bikin nagih gan..



Untuk menarik pelanggan, Dhini membuat program-program khusus yang menarik, seperti pengunjung yang kebetulan memakai baju sama dengan warna seragam karyawan maka gratis minum es teh, atau yang kebetulan memiliki nama Dhini juga bakal dapat gratis minum es teh. Istimewanya lagi, jika pengunjung pada saat membeli merayakan ultah, maka gratis makan bakso sepuas dan sekeyang-kenyangnya. "Syaratnya hanya menunjukkan KTP," katanya.


 

6. Gudeg Yu Djum



Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22 Yogyakarta
Jam buka: 05.00-19.00

Tepat di teras sebuah rumah kayu sederhana, Agan akan disambut getaran pita suara dari seorang penyanyi keroncong tua. Di Yogyakarta, rumah kayu milik Gudeg Yu Djum ini merupakan tempat paling tenar untuk membeli gudeg kering. Kerasa banget ya gan Yogya nya?

Sayur nangka pada Gudeg Yu Djum menawarkan perpaduan manis dan gurih, enak banget di lidah. Dan, yang tak kalah enak adalah sambal goreng kreceknya yang bikin panas mulut. Krecek diiris tipis lalu dimasak menjadi sambal kering berwarna kekuningan. Ditambah telur pindang dan areh, gudeg ini tambah nikmat saja.



7. Bakmi Mbah Mo


Bakmi Mbah Mo ini legendaris gan. Pejabat2 dari luar kota rela dateng kesini cuma buat makan Bakmi Mbah Mo, bertempat di Desa Code, Bantul, Yogyakarta Telp. 0274-7486979, 081548557743

Agan2 di Jogja pasti udah tau dong!

Bakmi mBah Mo buka dari jam 17.00 sampai dengan 23.00. Menu utamanya adalah bakmi godok, bakmi nyemek dan bakmi goreng, ada yang biasa dan yang istimewa. Bakmi istimewa adalah bakmi yang ditambahkan dengan paha, sayap, ati ampela atau brutu. Bakmi biasa harganya 10000/ porsi, dan yang istimewa 16.000/ porsi. Murahhh!

Dalam satu hari kira-kira habis 200 porsi [kira2 200 pengunjung/ malam]. Dalam semalam, bakmi mBah Mo membutuhkan bahan 10 kg mie yang dibeli dari Ketandan, 15 ekor ayam kampung dan 200 butir telor bebek. Seekor ayam kampung bisa dipakai untuk 15 porsi bakmi biasa atau 10 porsi bakmi istimewa.



Pelanggan paling banyak datang dari luar kota. Menu andalan mBah Mo adalah mie rebus, sedangkan minuman andalannya adalah teh jahe. Warung ini tidak mengenal hari libur, meskipun tanggal merah tetap jualan.




No comments:

Post a Comment