Loading

07 January 2014

BlackBerry Tuntut Pembawa Acara American Idol


- BlackBerry dikabarkan menggugat pembawa acara American Idol, Ryan Seacrest, karena dianggap melanggar hak cipta. Masalahnya, produk dari Typo Product, perusahaan milik Ryan, baru-baru ini meluncurkan keyboard tambahan untuk iPhone 5 dan 5S. Situs Info World menjelaskan, BlackBerry menilai bentuk dan desain keyboard tersebut sama seperti keyboard pada ponsel BlackBerry.

"Ini adalah pelanggaran terang-terangan karena telah meniru bentuk umum keyboard ikonik milik BlackBerry. Kami akan melindungi secara penuh kekayaan intelektual kami terhadap perusahaan yang mencoba menyalin disain yang unik ini. Typo memilih untuk menyalin keyboard ikonik BlackBerry sebagaimana yang terdapat pada produk Q10," kata penasihat umum BlackBerry, Steve Zipperstein.

Memang, jika dilihat fisiknya, produk Typo ini sangat mirip dengan keyboard umum pada ponsel BlackBerry. Keyboard ini berwarna hitam dengan deretan huruf QWERTY. Perangkat ini memang terbilang portable, yakni setiap orang bebas jika ingin menggunakannya atau tidak. Namun, BlackBerry menganggap seharusnya Typo membuat desain sendiri. BlackBerry pun telah membawa masalah ini ke jalur hukum.

Sementara itu, Typo menyampaikan pembelaan dan menanggapi permasalahan ini. "Kami menyadari gugatan yang diajukan BlackBerry terhadap Typo Product. Meski kami menghormati kekayaan intelektual Blackberry, tapi kami siap membela produk kami," kata pihak Typo.

Meski Typo sudah menyadari permasalahan ini, nyatanya perusahaan tetap meluncurkan produknya dalam acara Consumer Electronics Show 2014 yang diadakan di Las Vegas kemarin. Bahkan, Typo memulai untuk membuka pengiriman pra-order ke berbagai negara mulai akhir Januari ini.

No comments:

Post a Comment