Loading

07 January 2014

Ingin Jadi Pesepakbola Hebat? Ini Tips dari Mantan Bintang Liverpool

Yogyakarta - Jadi pesepakbola hebat dan ternama niscaya jadi mimpi dari banyak orang, termasuk anak-anak muda di Indonesia. Mantan bintang Liverpool Steve McMahon membocorkan tips untuk berusaha mewujudkannya.

McMahon, yang membela Liverpool periode 1985–1991, saat ini sedang berada di Yogyakarta, Indonesia. Kunjungan McMahon tersebut adalah untuk mendampingi tim Liverpool U-17 dalan rangkaian acara Frenz U-16 International Cup 2014.

Dalam kiprahnya bersama 'Si Merah', McMahon telah meraih tiga titel liga, dua piala FA, dan empat Charity Shield (sekarang Community Shield). Ia juga tercatat mengoleksi 17 caps bersama tim nasional Inggris pada kurun waktu 1988–1990.

Berkat pengalamannya beraksi di level tertinggi itulah kemudian McMahon diminta berbagi saran untuk para pesepakbola usia dini demi mewujudkan mimpi.

"Hanya karena Anda punya kemampuan bukan berarti Anda bisa jadi pesepakbola yang bagus," ujar McMahon di Hotel Horison Ultima, Yogyakarta, Senin (6/1/2014).

"Anda juga harus mendengarkan para pelatih yang sudah bekerja selama bertahun-tahun. Jadi butuh dedikasi tinggi, banyak kerja keras. Bagi para anak muda Anda harus senantiasa berlatih, berlatih dan berlatih."

"Anda juga harus mencoba mendapatkan pengalaman, seperti di turnamen ini. Mudah-mudahan anak-anak ini bisa seperti itu," tutur McMahon.

No comments:

Post a Comment