Loading

09 January 2014

4 Bahan Alami Pengganti MSG

Menggunakan bubuk penyedap rasa memang merupakan jalan pintas untuk memberikan rasa masakan yang lebih menendang lidah. Namun, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, kadar kimianya tidak baik bagi kesehatan.
Dengan sedikit kreatifitas, kita mampu mengganti bubuk MSG dengan bumbu alami. Berikut bahan bumbu alami yang bisa kamu gunakan untuk mengeliminasi penggunaan MSG dirumah:

1. Bawang putih
Bawang putih yang memiliki aroma dan rasa tajam dapat menjadi alternatif MSG yang pas. Cara untuk mengeluarkan rasa bawang putih adalah dengan cara mencincang dan menumisnya hingga kuning kecoklatan dan harum.


2. Ebi kering, udang atau teri
Penggunaan bahan-bahan ini mampu menjadi pengganti MSG karenakan hasil laut memiliki kandungan penyedap alami. Penambahan bahan-bahan ini mampu menghasilkan rasa gurih dan nikmat yang pastinya mampu menambah citarasa masakan. Ebi, udang dan teri bisa di goreng terlebih dahulu hingga matang bersama bawang putih, lalu ditambahkan ke dalam masakan.
 

3. Kaldu ayam/sapi alami
Kaldu sapi atau kaldu ayam alami yang dibuat dengan cara digodok mampu menciptakan rasa dan aroma gurih. Kuah kaldu bisa direbus dengan menggunakan tulang yang direbus bersama daun bawang dan bawang putih. Rebus hingga kaldu dari dagingnya keluar dalam api kecil. Air sisa kaldu bisa disimpan didalam kulkas dan dikeluarkan ketika akan dimasak.
 

4. Garam dan gula pasir
Perpaduan gula dan garam dalam masakan dapat menghasilkan rasa gurih yang alami.

No comments:

Post a Comment