Loading

09 January 2014

Yakin Anda Pengemudi Berpengetahuan? Baca ini

Anda mungkin telah mengemudi mobil puluhan tahun tanpa insiden serius, namun tahukah anda posisi tangan pada setir yang dianjurkan sekarang?
 Ilustrasi mengemudi dengan aman.
Seiring kemajuan teknologi otomotif, makin banyaknya mobil di jalan dan makin kencangnya mobil jaman sekarang, teknik mengendarai mobil yang aman juga ikut berubah.

Terkait pertanyaan di atas, posisi tangan yang dianjurkan adalah di arah jam 9 dan jam 3, atau sejajar. Hal itu terkait cara airbag mengembang ketika terjadi kecelakaan, sehingga salah posisi tangan bisa mengakibatkan cedera.

Pertanyaan berikutnya, apa tindakan terbaik ketika di belakang mobil anda muncul ambulans atau mobil pemadam kebakaran yang memberi kode lampu kedip meminta jalan? Apakah melambatkan kendaraan ke sebelah kiri dan memberi jalan; minggir ke kiri dan berhenti: atau melambatkan kendaraan tanpa minggir?
Meskipun situasi bisa berbeda-beda, best practice yang disepakati secara internasional adalah minggir ke kiri dan berhenti sampai ambulans lewat (namun untuk negara setir kiri adalah minggir ke kanan dan berhenti).

Ada beberapa lintasan jalan di mana memarkir kendaraan anda merupakan tindakan ilegal, di negara mana pun. Tahukah anda lintasan-lintasan itu?

Baiklah. Jawabannya adalah terowongan, jembatan dan jalur sepeda. Anda juga pelru tahu tempat-tempat lain yang diharamkan untuk parkir mobil pribadi seperti di depan pintu tangga darurat gedung, di depan instalasi gawat darurat rumah sakit, dll.

Ketika anda mengemudi sambil mengetik SMS atau malah email, seberapa besar meningkatnya peluang untuk terjadi kecelakaan? Pilihan: a. 12x b. 18x c. 23x d. 100x

Sebagian besar mereka yang ditanya salah menjawab. Menurut riset global, jawaban yang benar adalah 23 kali.

Jika anda ingin berbelok ke kanan, dalam jarak berapa meter anda sudah harus mulai menyalakan lampu sein? a. 15m b. 30m c. 60m d. 120m

Masih bingung dengan jawabannya? Jarak yang dianjurkan adalah 30 meter, tidak terlalu dekat sehingga pengguna jalan lain punya waktu bisa merespon; tidak terlalu jauh sehingga tidak membingungkan yang lain dan anda tidak dikira memang lupa mematikan lampu sein,

Pertanyaan berikut ini penting bagi orang tua yang punya anak remaja. Seberapa besar peluang remaja mengalami kecelakaan dibandingkan orang dewasa? a. lebih kecil b. sama c. 2x lipat d. lebih tinggi dari semua itu.

Jawaban yang benar adalah “d”. Kaum remaja yang mengemudi mobil empat kali lebih besar peluangnya untuk mendapat kecelakaan dibandingkan orang dewasa, karena pengalaman adalah faktor penting bagi keselamatan di jalan. Harap diingat, jika anda sudah puluhan tahun mengemudi namun masih suka belok tanpa sein, menyerobot jalur, melawan arus atau “menempel” mobil di depan dalam kecepatan tinggi, anda sama saja dengan pengemudi belum berpengalaman dengan peluang kecelakaan yang tinggi.

Apa arti lampu kedip/hazard warna kuning yang dinyalakan? a. waspada b. kurangi kecepatan c. hati-hati d. semua jawaban benar.

Di sini anda juga benar. Jawabannya adalah “d”.

Sebelum pindah jalur, apa yang harus dilakukan untuk mengecek titik di belakang yang tidak terlihat (blind spot)? a. cek spion kanan b. cek spion kiri c. cek spion di atas dasbor d. lihat dari atas pundak sisi belakang jalur yang akan anda ambil.

Ini pertanyaan penting yang harus anda ingat jawaban benarnya, yaitu “d”. Ingatlah selalu bahwa tidak semua obyek di belakang bisa terpantul di spion. Di beberapa jenis mobil kelas premium, tersedia sensor yang akan memberi sinyal jika ada kendaraan di area blind spot, namun sebagian besar mobil belum dilengkapi teknologi ini, dan mungkin juga mobil anda.

No comments:

Post a Comment