Loading

09 January 2014

Tips Cermat Membaca Label Makanan

Membaca label makanan dengan cermat saat akan membelinya terbukti mampu membuat hidup jauh lebih sehat. Sadarkah kamu, bahwa seringkali kita mengabaikan asupan kalori tinggi yang terdapat dalam snack berbungkus kecil? Nah, selain untuk diet, membaca label berguna untuk mengurangi resiko diabetes dan penyakit lainnya.

Seringkali saat membeli camilan favorit, kita hanya terpaku oleh rasa, dibanding nilai kandungan gizi dan nutrisi yang tercantum di kemasannya. Contohnya, kadang kita dengan cuek melahap buah kering seperti apricot yang telah menciut kecil, dan dengan anggapan makan buah itu sehat, kita melahap 10 buah apricot dalam sehari. Ingat, buah yang telah menciut kecil itu tetap dihitung 1 buah per piece. Jadi, tidak masuk akal kan, jika kita mengkonsumsi 10 buah apricot dalam sehari? Bayangkan kandungan gula yang masuk ke tubuh. Sama halnya dengan memakan keripik kentang atau apa pun yang mengandung kadar garam tinggi.
Kebiasaan untuk mengacuhkan keterangan kemasan ini hendak nya mulai kita ubah, demi mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dan menghindari penyakit diabetes maupun darah tinggi. Membaca label memang membutuhkan ketelitian, namun sebenarnya hal ini mudah dipelajari.

Tips 1
Bacalah fakta nutrisi yang biasanya terdapat di bagian belakang kemasan. Fakta nutrisi umumnya berbentuk tabel yang didalamnya berisi cantuman kandungan nutrisi makanan yang kita beli.


Tips 2
Bagi yang sedang ingin mengurangi berat badan pastikan kamu membaca kalori per sajian. Kalori per sajian biasanya tercantum pada label dengan satuan kj (baca: kilojoules), misalkan "energy 250 kj". Dalam membacanya artinya didalam setiap satu porsi sajian terkandung sebanyak 250 kalori. Tentunya dengan membaca hal ini kamu bisa terhindar dari kenaikan berat badan yang tidak inginkan.

Tips 3
Selain memperhatikan kandungan kalori, pastikan kamu membaca jumlah takaran dan porsi serving size. Umumnya di setiap label kemasan terdapat takaran porsi, contoh dalam sebuah kotak cereal ukuran 500 gr memiliki label serving size 100gr dengan jumlah takaran 5. Artinya, anjuran satu porsi takaran adalah sebanyak 100 gr, sehingga dengan ukuran 500 gr bisa cukup hingga 5 porsi sajian. Dengan mengetahui hal ini tentunya kita akan terhindar dari mengkonsumsi secara berlebihan dengan jumlah kalori yang masih sesuai dengan kebutuhan tubuh dalam seharinya.

Tips 4
Bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes, hendaknya cermat membaca kandungan gula yang terdapat pada sebuah makanan. Dalam kemasan, gula biasanya dikenal dengan nama sukrosa atau fructosa. Pasti kan anda tidak mengkonsumsi lebih dari 3-4 sendok makan dalam perharinya. Low sugar juga bukan berarti tidak menggunakan pemanis sama sekali tetapi biasanya menggunakan hanya sebenar 0.5 gr gula persajiannya.

No comments:

Post a Comment