Loading

27 December 2013

Nasi bungkus daun pisang

Nasi bungkus daun pisang, pernahkah anda menikmati hidangan ini? Kalau dulu saya sering menemukan menu nasi bungkus daun pisang yang dilengkapi dengan lauk ikan bilis, ulam, dan sambal. Menu nasi bungkus daun pisang seperti ini sangat unik dan memiliki ciri khas tersendiri jika kita nikmati apalagi dalam suasana santai.


Nasi Bungkus Daun Pisang

Nasi bungkus daun pisang biasa disebut juga dengan istilah nasi jenggo, kalau di daerah Jogja ada yang namanya sego gendong atau nasi bungkus yang dijual dipasar tradisional. Wow.., rasanya nikmat banget kalau kita makan, ada aroma daun pisang atau daun jati khas yang bikin segar.

Tapi sekarang ini sudah makin susah kalau mencari menu makanan dengan daun sebagai pembungkusnya, semua beralih pada makanan instan. Kalau tidak dibungkus plastik ya dibuat dengan menu cepat saji. Sebenarnya makanan cepat saji seperti KFC cukup praktis apalagi kalau kita super sibuk. Tapi jika terlalu banyak mengkonsumsi junk food seperti ini, sepertinya tidak baik untuk kesehatan badan, juga untuk kesehatan kantong, hehe..

Kalau di Malaysia, saya pernah menemukan sejenis nasi bungkus daun pisang juga. Cuma kalau disana dinamakan nasi lemak, dijual waktu pagi hari atau malam. Dan dilengkapi dengan irisan telur rebus, ikan bilis, kacang goreng, serta saus sambal ikan.

No comments:

Post a Comment