Loading

08 January 2014

Mikel: 'Teror' Mourinho di Ruang Ganti Bikin Pemain Lebih Semangat

London - Jose Mourinho dikenal sebagai manajer yang tak segan menghukum atau mengkritik anak asuhnya di depan publik. Tapi dengan gayanya yang seperti itu justru membawa dampak positif bagi para pemain Chelsea musim ini.

AFP/LINDSEY PARNABYSejak ditinggal Mourinho di Oktober 2007, Chelsea beberapa kali melakukan pergantian manajer meski tak mempengaruhi perolehan trofi klub itu karena mereka hanya sempat hampa gelar di musim 2010/2011.

Namun, praktis Chelsea seperti kehilangan sosok yang dihormati di ruang ganti dalam hal ini manajer. Kemudian kedatangan Mourinho musim panas itu membuat suasana di sana jadi lebih "panas".

Panas dalam arti positif yakni para pemain lebih bergairah dan ingin menunjukkan performa terbaiknya setiap dimainkan. Begitulah pengakuan gelandang Chelsea asal Nigeria, John Obi Mikel.

Contoh saja adalah Willian dan Eden Hazard yang sempat kesulitan di awal musim, lalu bisa membaik penampilannya belakang. Atau John Terry yang musim lalu terpuruk kemudian musim ini jadi pilihan pertama di lini belakang.

Tak cuma itu, Mourinho bahkan rela mencadangkan pemain bintang Chelsea, Juan Mata, hanya karena Mata tak bermain sesuai instruksinya. Atau kala Ashley Cole ditepikan sementara akibat kasus indisplinernya.

"Dia (Mourinho) selalu ingin kami bermain dalam berbagai cara dan memberikan 110 persen. Jika tidak, maka Anda akan ditendang. Sebagai pemain, itu yang Anda inginkan," ujar Mikel seperti dilansir ESPN.

"Anda tidak mau dipinggirkan, Anda tidak ingin hanya duduk dan berpikir 'Anda adalah yang terbaik, aku tidak ingin bertahan atau aku tidak ingin berlari'. Anda tidak akan bermain jika tidak melakukan hal-hal seperti itu," sambungnya.

"Itulah mentalitas yang dia inginkan ada di tim ini - perlahan namun pasti para pemain seperti Eden (Hazard), Oscar, dan Willian mulai melakukan itu. Ini cuma soal bagaimana mereka mengetahui apa maksud dari hal tersebut, ketika Anda sudah mendekati akhir musim."

No comments:

Post a Comment